Rabu, 09 November 2011

Perbedaan Computer Engineering dengan Computer Science.

Perbedaan antara Computer Engineering dengan Computer Science dapat dijabarkan berdasarkan pengertiannya sebagai berikut:

Computer Engineering atau Teknik komputer, juga disebut rekayasa sistem komputer, adalah disiplin yang mengintegrasikan beberapa bidang teknik elektro dan ilmu komputer yang dibutuhkan untuk mengembangkan sistem komputer. Komputer insinyur biasanya memiliki pelatihan dalam rekayasa elektronik , desain perangkat lunak , dan perangkat keras-perangkat lunak integrasi bukan hanya perangkat lunak teknik atau rekayasa elektronik. Insinyur komputer yang terlibat dalam banyak hardware dan aspek perangkat lunak komputasi, dari desain individu mikroprosesor , komputer pribadi , dan superkomputer , untuk desain sirkuit . Ini bidang teknik tidak hanya berfokus pada bagaimana sistem komputer bekerja sendiri, tetapi juga bagaimana mereka mengintegrasikan ke dalam gambar yang lebih besar.
Tugas biasa yang melibatkan insinyur komputer termasuk menulis perangkat lunak dan firmware untuk embedded mikrokontroler , perancangan VLSI chip, merancang sensor analog, sinyal campuran merancang papan sirkuit , dan merancang sistem operasi . Insinyur komputer juga cocok untuk robotika penelitian, yang sangat bergantung pada penggunaan sistem digital untuk mengontrol dan memantau sistem listrik seperti motor , komunikasi , dan sensor .
Komputer teknik pertama terakreditasi program sarjana di Amerika Serikat didirikan di Case Western Reserve University pada tahun 1971. Pada Oktober 2004 , ada 170 ABET -terakreditasi program teknik komputer di Amerika Serikat. Karena meningkatnya persyaratan kerja untuk insinyur, yang bersamaan dapat desain hardware, software , firmware, dan mengelola semua bentuk sistem komputer yang digunakan dalam industri, beberapa lembaga tersier di seluruh dunia menawarkan gelar sarjana umumnya disebut teknik komputer. Kedua teknik komputer dan rekayasa elektronik program termasuk desain sirkuit analog dan digital dalam kurikulum mereka. Seperti kebanyakan teknik disiplin, memiliki pengetahuan tentang matematika dan ilmu-ilmu yang diperlukan untuk insinyur komputer.   
Di banyak institusi, mahasiswa teknik komputer diperbolehkan untuk memilih bidang studi mendalam di tahun mereka junior dan senior, karena luas penuh pengetahuan yang digunakan dalam desain dan aplikasi komputer adalah di luar lingkup gelar sarjana. Lembaga lain mungkin memerlukan mahasiswa teknik untuk menyelesaikan satu tahun sebelum menyatakan Teknik Umum teknik komputer sebagai fokus utama mereka.

Sedangkan Computer Science atau Ilmu komputer atau komputasi sains (disingkat CS) adalah ilmu yang mempelajari dasar-dasar teoritis dari informasi dan perhitungan dan teknik-teknik praktis untuk implementasi dan aplikasi dalam sistem komputer . Ilmuwan komputer menemukan algoritmik proses yang menciptakan, menjelaskan, dan mengubah informasi dan merumuskan cocok abstraksi untuk merancang dan model sistem yang kompleks .Ilmu komputer memiliki banyak sub-bidang, beberapa, seperti teori kompleksitas komputasi , mempelajari sifat fundamental dari masalah komputasi , sementara yang lain, seperti grafis komputer , menekankan hasil perhitungan tertentu. Masih lain fokus pada tantangan dalam melaksanakan perhitungan. Sebagai contoh, bahasa pemrograman teori penelitian pendekatan untuk menggambarkan perhitungan, sementara pemrograman komputer berlaku spesifik bahasa pemrograman untuk memecahkan masalah komputasi yang spesifik, dan interaksi manusia-komputer berfokus pada tantangan dalam membuat komputer dan perhitungan yang berguna, bermanfaat, dan universal diakses manusia .
Masyarakat umum kadang-kadang membingungkan ilmuwan komputer dengan lainnya profesional komputer memiliki karir di bidang teknologi informasi , atau berpikir bahwa ilmu komputer berkaitan dengan pengalaman mereka sendiri dengan komputer, yang biasanya melibatkan kegiatan seperti game, web browsing, dan pengolah kata. Namun, fokus dari ilmu komputer lebih pada pemahaman sifat-sifat program yang digunakan untuk mengimplementasikan perangkat lunak seperti game dan web-browser, dan menggunakan pemahaman bahwa untuk menciptakan program-program baru atau meningkatkan yang sudah ada.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar